Monday, April 4, 2016

Apa syarat seorang pemimpin?

Setiap manusia merupakan pemimpin yang memang dicipta untuk memenuhi fitrahnya di muka bumi ini. Manusia memiliki karakter atau yang secara sadar ataupun tidak melalui berbagai faktor, misalnya satu di antara banyak faktor tersebut adalah lingkungan yang membentuknya menjadi seorang pemimpin yang ideal. Terlepas dari hal tersebut terdapat beberapa syarat di dalam Islam yang memang harus ada pada diri seorang yang menjadi pemimpin. 

Syarat sebagai seorang pemimpin yaitu tidak dibenarkan seorangpun berkuasa atau menduduki jabatan apa saja yang berkaitan dengan kekuasaan, kecuali orang itu:

1. Laki-laki
Terkait pemimpin yang memiliki syarat laki-laki, yaitu karena secara psikologis pengambilan pendapat dari seorang laki-laki yang secara fitrahnya lebih menggunakan logika ketimbang daripada menggunakan perasaan. Berbeda halnya dengan wanita yang memang selalu mengedepankan perasaan dalam pengambilan setiap keputusan ataupun kebijakannya.

2. Merdeka
Adapun syarat sebagai seorang pemimpin harus merdeka, yaitu karena jika seorang pemimpin merupakan orang yang tidak merdeka atau dalam kata lain merupakan budak atau orang yang tidak bebas maka dia tidak dapat memimpin dan mengambil berbagai kebijakan yang independen.

3. Baligh
Syarat sebagai seorang yang baligh merupakan syarat penting dalam menjadi pemimpin. karena jika seseorang belum baligh atau dewasa bisa jadi dalam pengambilan keputusan tidaklah seperti apa yang di harapkan. Seorang yang belum baligh dapat dikatakan belum matang dalam berbagai segi, diantaranya yaitu fisik, cara berpikir, maupun beberapa hal yang hanya ada pada orang yang sudah baligh.

4. Adil
Adil yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Maka pemimpin memang patutlah menjadi orang yang adil, karena jika tidak kebijakan maupun penetapan keputusan yang berat sebelah atau hanya menguntungkan sebagian pihak dan merugikan sebagian yang lain bisa saja terjadi.

5. Memiliki kemampuan
Bagaimana jadinya jika seorang pemimpin tidak punya keahlian ataupun kemampuan dalam memimpin. Apa pula yang akan terjadi jika seorang pemimpin tidak tahu apa yang benar-benar harus dia lakukan dan dia tidak memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan tersebut. Juga jika dia tidak memiliki kemampuan tentang apa yang sedang dia pimpin maka tunggu saja kehancuran dari apa yang dia pimpin.

6. Beragama Islam 
Seorang pemimpin yang beragama Islam merupakan syarat yang memang tidak boleh ditinggalkan, why? karena standart dari seorang muslim adalah ketaan pada Allah swt. Karena individu tersebut telah terikat dengan peraturan-peraturan yang ada dalam Islam. Dan hanya di dalam Islam saja lah yang mengatur berbagai segi aspek kehidupan manusia mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur.

Terkait masalah dalil yang berkaitan dengan masalah pemimpin, anda dapat mengunjungi situs ini:
http://hizbut-tahrir.or.id/2011/08/02/syarat-syarat-penguasa-negara-islam/

Mudah-mudahan bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb.


Source: 
- Random

No comments:

Post a Comment