Friday, April 29, 2016

Obat Hati Ada 5 Perkara

Bismillah.... Assalamualaikum wr.wb. Berbahagia bagi kita semua yang telah dan masih mendapatkan hidayah dari Allah SWT, serta masih mendapatkan nikmat kesehatan, rejeki yang melimpah, termasuk pula nikman mendapatkan kesempatan untuk online dan bisa mengakses ilmu yang bermanfaat di dalamnya. 

Tak penat terkadang raga dan jiwa ini mencari-cari ilmu bagai seorang ibu yang mencari anak semata wayangnya yang hilang. Tak lelah pula kita beribadah nan bersyukur kepada Sang Khalik yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Hingga sampailah kita kepada ilmu tombo Ati atau obat hati yang akan segera di jabarkan di tulisan ini.

https://www.youtube.com/channel/UCVNS74kZbaXrRG3Ms7AXJcA
Ayo promosikan produk-produk Anda di Website kami!

Obat hati ada 5 perkara, mungkin sudah tak asing atau santer di telinga kita karena hal ini pernah menjadi populer atau pernah di populerkan oleh sahabat sekaligus guru kita dalam bersyair; Opick. Perlu di renungkan maupun di review kembali apa makna dari 5 perkara tersebut. Berikut reviewnya.

Obat hati ada 5 Perkaranya: 

1. Baca Qur'an dan Maknanya
Tidak perlu panjang lebar di jelaskan kenapa kita harus membaca Al-Qur'an beserta artinya karena telah jelas apa yang di sampaikan oleh Baginda Rasulullah Muhammad SAW tentang pentingnya seorang Muslim membaca sekaligus mengkaji Al-Qur'an.

 
2. Sholat Malam Dirikanlah
Silahkan merasakan sendiri bagaimana kenikmatan dalam melaksanakan sholat malam. Di tengah terlelapnya sanak keluarga, dikala keheningan malam bersujud dan berserah diri, silahkan adukan permasalahan hidup, gundah gulanah dan ketakberdayaan diri kepada Sang Pencipta yang memberi hidup serta kehidupan bagi seluruh semesta alam.

3. Berkumpullah dengan Orang Soleh 
Juga tak di ragukan lagi panutan seorang Muslim dalam memilah nan memilih teman. 

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً
“Permisalan teman yang baik dengan teman yang buruk adalah ibarat penjual minyak kasturi dan pandai besi. Si penjual minyak kasturi bisa jadi akan memberimu minyaknya tersebut atau engkau bisa membeli darinya, dan kalaupun tidak, maka minimal engkau akan tetap mendapatkan aroma harum darinya. Sedangkan si pandai besi, maka bisa jadi (percikan apinya) akan membakar pakaianmu, kalaupun tidak maka engkau akan tetap mendapatkan bau (asap) yang tidak enak.” (HR. al-Bukhari no. 5534, Muslim no. 2628).



4. Perbanyaklah Berpuasa
Coba saja berpuasa Senin dan Kamis, maka lihat saja perubahan yang akan didapatkan. Hawa nafsu lebih mudah terkontrol juga senantiasa lebih mengingat Allah dalam setiap tindak perbuatan sehari-hari.


5. Zikir Malam Perpanjanglah 
Perbanyak mengingat Allah, maka lihat kesudahannya. Allah akan lebih memperhatikan serta mencukupi kita. Apakah ada hal yang lebih pantas diingat selain dari pada Allah SWT yang mencipta serta memberi nikmat kepada kita.


Di akhir lagu "Tombo Ati" yang dinyanyikan oleh Opick tersebut, terdapat pesan yang tidak kalah pentingnya untuk di renungkan yaitu "Salah satunya siapa bisa menjalankan, moga-moga Gusti Allah mencukupi." Hanya cukup lakukan sahaja, maka lihatlah akan banyak perubahan yang terjadi pada diri akhina fillah sekalian.

No comments:

Post a Comment