Saturday, July 20, 2013

Semua Berawal dari Pertanyaan

Pertanyaan yang seringkali ditanyakan terhadap diri sendiri ketika mengalami kesulitan dalam belajar atau kurangnya motivasi untuk belajar adalah :

kenapa sih saya malas banget belajar?
kenapa sih saya bosan kalo belajar?
kenapa sih?
dan kenapa sih?

dan cara menjawabnya adalah dengan bertanya kembali pada diri sendiri :

Kenapa sih saya harus belajar?
Apa sih pentingnya belajar?
Buat apa sih saya belajar?
Apa sih tujuan saya belajar?

https://www.youtube.com/channel/UCVNS74kZbaXrRG3Ms7AXJcA 
Ayo promosikan produk-produk Anda di Website kami!
 
Nah apabila kita sudah mengetahui tujuan kenapa dan untuk apa kita belajar. InsyaAllah belajar itu akan menjadi kegiatan rutin kita sehari-hari.
Contohnya : Seorang anak yang ingin sekali pintar atau mahir berenang, maka dia akan berusaha belajar dan belajar tak perduli berapa kali kegagalan yang dialaminya, sehingga akhirnya dia benar-benar mahir dalam berenang.

Sesungguhnya hakikat keinginan kita untuk belajar adalah didasari atau dilandasi oleh kuatnya tujuan kita untuk mencapai hal yang ingin kita pelajari tersebut. Sama halnya dengan beragama, sudah seberapa kuatkah keinginan kita untuk beragama?

akan muncul pertanyaan seperti ini :

Kenapa sih saya beragama?
Apa sih pentingnya beragama?
Untuk apa sih agama itu?
dan masih banyak pertanyaan lainnya..

Jadi kita terdorong untuk kembali kepada hakikat belajar dan mempelajari agama, sehingga kita tidak akan berhenti untuk  belajar dan terus belajar dalam mencari agama yang hakiki, yaitu agama yang benar-benar dapat menjawab semua permasalahan kita dan bukan agama yang mentok atau membatasi kita dalam berfikir apabila dipelajari hingga kita masih diliputi pertanyaan yang tidak terjawab.

Dan jangan sampai agama yang kita yakini menjawab pertanyaan kita seperti ini :
Semakin kamu banyak bertanya maka kamu akan semakin dekat pada kemurtadan (keluar dari agama).



1 comment: